Pengertian Internet 2

November 6, 2018 | Author: aduhpusing | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

pengertian tik...

Description

1. Penger Pengertia tian n Internet Internet Pengertian internet. Internet atau kependekan dari interconnection-networking merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu standar sistem global Transmission Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP yang digunakan sebagai  protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna yang terdapat di seluruh dunia. !angkaian internet yang terbesar tersebut dinamakan dengan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan menggunakan kaidah ini dinamakan dengan internetworking ("antarjaringan".

2. Jaringan Jaringan komputer komputer berdasarkan berdasarkan jarak dan arean areanya ya Local Area Network  (LAN)  (LAN)

 Local Area Area Network  Network  (#$%&  (#$%& merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. #$% seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam workstation  dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce (resouce&& misalnya printer  misalnya printer  dan saling  bertukar in'ormasi.  Metropolitan  Metropolitan Area Area Network  Network  ($%  ($%  Metropolitan  Metropolitan Area Area Network  Network  ($%&  ($%& pada dasarnya merupakan )ersi #$% yang berukuran lebih  besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan #$%. $% dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat diman'aatkan untuk keperluan pribadi (swasta atau umum. $% mampu menunjang data dan suara& bahkan dapat berhubungan dengan jaringan tele)isi kabel. Wide Area Network  (*$%  (*$% Wide Area Network  (*$%&  (*$%& jangkauannya mencakup daerah geogra'is yang luas& seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. *$% *$% terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi pemakai.

3. Topologi jaringan jaringan dan dan kabel 1. Topologi Ring Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim fle ke komputer 4, maka data akan melewati komputer komputer 2 dan  sampai di terima oleh komputer 4, !adi sebuah komputer akan melan!utkan pengiriman data !ika yang ditu!u bukan IP Address dia"





#elebihan dari topologi jaringan komputer  ring adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan !umlah kabel lan yang sedikit sehingga akan menghemat biaya" #ekurangan paling $atal dari topologi ini adalah, !ika salah satu komputer ataupun kabel nya bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu bahkan error"

2.topologi bus Topologi jaringan komputer  bus tersusun rapi seperti antrian dan menggunakan %uma satu kabel %oa&ial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor 'N, dan kedua u!ung dari kabel %oa&ial harus diakhiri oleh terminator"





#elebihan dari bus hampir sama dengan ring, yaitu kabel yang digunakan tidak banyak dan menghemat biaya pemasangan" #ekurangan topologi bus adalah !ika ter!adi gangguan atau masalah pada satu komputer bisa menggangu !aringan di komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan, sering ter!adinya antrian data, dan !ika  !araknya terlalu !auh harus menggunakan repeater"

3. Topologi star  opologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau swit%h dengan kabel *P, sehingga hub+swit%h lah pusat dari !aringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, !adi !ika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke swit%h dan langsung di kirimkan ke komputer tu!uan tanpa

melewati komputer lain" Topologi jaringan komputer  inilah yang paling banyak digunakan sekarang karena kelebihannya lebih banyak"





#elebihan topologi ini adalah sangat mudah mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan, mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu yang lain, serta tingkat keamanan sebuah data lebih tinggi, " #ekurangannya topologi jaringan komputer  ini adalah, memerlukan biaya yang tinggi untuk pemasangan, karena membutuhkan kabel yang banyak serta swit%h+hub, dan kestabilan !aringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga !ika swit%h+hub mengalami gangguan, maka seluruh !aringan akan terganggu"

4. Topologi Mesh Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam !aringannya menggunakan kabel tunggal, !adi proses pengiriman data akan langsung men%apai komputer tu!uan tanpa melalui komputer lain ataupun swit%h atau hub"





#elebihanya adalah proses pengiriman lebih %epat dan tanpa melalui komputer lain, !ika salah satu komputer mengalami kerusakan tidak akan menggangu komputer lain" #ekurangan dari topologi ini sudah !elas, akan memakan sangat banyak biaya karena membutuhkan !umlah kabel yang sangat banyak dan setiap

komputer harus memiliki Port +- yang banyak !uga, selain itu proses instalasi sangat rumit"

 5. Topologi Tree Topologi jaringan komputer  ree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, !adi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan !aringan, dan  !aringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol  !aringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah"





#elebihan topologi tree adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan !uga mudah melakukan perubahan !aringan !ika diperlukan" #ekurangan nya yaitu menggunakan banyak kabel, sering ter!adi tabrakan dan lambat, !ika ter!adi kesalahan pada !aringan tingkat tinggi, maka  !aringan tingkat rendah akan terganggu !uga"

Berikut Penjelasan Lengkap Jenis-jenis Kabel Jaringan Komputer 1. Kabel oa!ial

+abel coa,ial adalah jenis kabel yang terdiri atas dua penghantar di mana salah satu  penghantarnya berada di tengah kabel dan dikeliling oleh penghantar satunya lagi dengan po la melingkar. Prinsip kerja Coa,ial dengan cara menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Saat ini kabel jenis Coa,ial sudah mulai ditinggalkan karena port untuk konektor BNC yang dipakai sudah jarang ditemukan pada perangkat komputer atau perangkat jaringan seperti switch dan router. Instalasi jaringan denga kabel coa,ial sulit dan butuh keahlian esktra terutama dalam membuat atau memasang konektor.

agian-bagian kabel coa,ial ialah sebagai berikut.

.

Isolator luar "outer ja#ket$  yang merupakan bagian kulit pembungkus terluar untuk melindungi seluruh bagian kabel. Pelindung atau disebut juga grounding "barided #opper s%ielding$  yang merupakan . serabut kabel terpilin bersilang yang ber'ungsi mengantisipasi 'rekuensi listrik yang tidak diinginkan. Isolator dalam "plasti# insulation$  yang merupakan kulit pelapis kabel konduktor. 0. 1. Konduktor "#opper #undu#tor$  merupakan inti kabel tunggal atau serabut yang  ber'ungsi sebagai medium transmisi data. 2. Kabel T&isted Pair

+abel twisted pair merupakan kabel jaringan yang didalamnya terdiri atas beberapa kabel yang saling berpasangan. Sama seperti kabel coa,ial& cara kerja dari kabel Twisted Pair adalah dengan mengahantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. +abel twisted pair ini terbagi atas  jenis& yaitu STP (Shielded Twisted Pair dan 2TP (2nshielded Twisted Pair.

STP adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus tembaga/alumunium 'oil yang khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik. 2TP adalah kabel yang terdiri dari 1  pasang kabel terpilin mirip kabel telepon. 2ntuk +abel Twisted pair sendiri jangkauannya tidak lebih jauh dari 33meter& +ecepatannya  ber)ariasi mulai dari 3 egabit per detik sampai 3333megabit/detik atau 3 4igabit per detik  3. Kabel 'iber (ptik 

Tidak seperti dua kabel sebelumnya yang menggunakan tembaga sebagai media penghantarnya. +abel 'iber optik ini tebuat dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis. +arena terbuat dari kaca& sinyal yang dikirim oleh 56 ini berupa cahaya dari sumber ke tujuan. akanya tidak heran bila transmisi kabel ini lebih cepat dibandingkan dengan dua kabel sebelumnya. Salah satu kelemahan kabel ini adalah gangguan (noise yang sering terjadi apabila tertekuk walaupun hanya sedikit.

. . 0. 1. 7.

agian-bagian kabel 'iber optik adalah sebagai berikut. Pelindung kabel "#able ja#ket$  yang merupakan bagian kulit pembungkus terluar untuk melindungi seluruh bagian kabel. Pelindung )iber "strengt%ening )ibers$  ber'ungsi menjaga kabel dari benturan keras. Lapisan plastik "#oating$  ber'ungsi menjaga kabel dari tekukan. Lapisan tipis "#ladding$  ber'ungsi sebagai pembatas yang memuat gelombang cahaya sehingga data dapat ditransmisikan. 'isik medium utama "#ore$  ber'ungsi sebagai medium transmisi data.

*. +enjelaskan notasi dengan ke#epatan trans)er data Notasi ke%epatan trans$er data dinyatakan dalam satuan.satuan berikut/ a" bit+se%ond0 1 kilobit+se%ond01 kbps" b"bit+se%ond01megabit+se%ond01 N-A #33PAAN AN53 6AA Notasi ke%epatan trans$er data dinyatakan dalam satuan.satuan berikut/ a" bit+se%ond0 1 kilobit+se%ond01 kbps" b"bit+se%ond01megabit+se%ond01 bps %"177"777"777 bit+se%ond01 gigabit+se%ond01 8bps" elain notasi dalam bit ke%epatan trans$er data !uga dinyatakan dalam satuan 'yte per se%ond"atu 'yte setara dengan 9 bit":adi,diperoleh hubungan berikut/ a" 1 k'ps09 kbps b 1 'ps09 bps %" 1 8'ps09 8bps %"177"777"777 bit+se%ond01 gigabit+se%ond01 8bps" elain notasi dalam bit ke%epatan trans$er data !uga dinyatakan dalam satuan 'yte per se%ond"atu 'yte setara dengan 9 bit":adi,diperoleh hubungan berikut/ a" 1 k'ps09 kbps b 1 'ps09 bps %" 1 8'ps09 8bps

,. +enjelaskan Pengalaman Internet

Internet ( kependekan dari interconnection-networking  secara har'iah adalah system global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Saat pertama kali saya mengenal internet yang saya ketahui bukan apa yang dijelaskan oleh *ikipedia. 8ang saya ketahui pada saat itu internet adalah sebuah layanan yang disediakan oleh computer sebagai tempat bermain game. $yah saya adalah yang pertama kali mengenalkan dan memperlihatkan dunia internet kepada saya. Saat itu saya diajak pergi ke tempat ayah saya  bekerja& dan disanalah saya diperkenalkan dan diperlihatkan dunia internet. 9an ayah saya menjelaskan apa itu internet: ulai saat itu saya p aham kalau internet tidak hanya tempat  bermain game. Tetapi apa daya& saat itu saya masih duduk di kelas ; SP yang saya bisa lakukan dengan internet hanyalah bermain game saja. Pada saat sekolah& tepatnya sedang belajar TI+. Pada saat guru sedang menjelaskan materi saya mencoba untuk membuka web browser Internet . Tapi pada saat itu saya enggan untuk bertanya karena materi yang diajarkan tidak bersinggungan dengan internet. Saya pun hanya bisa diam dan mendengarkan guru yang sedang menjelaskan.

,. Perangkat keras akses internet 1. Perangkat Komputer Pribadi "Personal omputer$

+omputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesi'ikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesi'ikasi sebuah komputer& semakin cepat kinerja akses internet& begitu  pula sebaliknya. Spesi'ikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagi b erikut? a. Pro#essor

merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 733[email protected] b. + "andom ##ess +emory$

 ber'ungsi sebagai media penyimpanan sementara. !$ minimal A1

#. /arddisk 

digunakan untuk media penyimpanan data secarmagnetik. Barddisk minimal 34 d. 0 #ard

erupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. 4$ card minimal 1. e. +onitor

erupakan perangkat output. 2. +odem "+odulator emodulator$ odem berasal dari singkatan 6dulator 9
View more...

Comments

Copyright © 2017 KUPDF Inc.
SUPPORT KUPDF