Laporan Monitoring Dan Evaluasi Mutu Pelayanan Klinis

March 13, 2018 | Author: Muhammad Andi Mardiansyah | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

kkk...

Description

LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI MUTU PELAYANAN KLINIS LATAR BELAKANG Monitoring dan Evaluasi merupakan bagian penting dari administra si yang efektif dalam suatu organisasi. Hal ini suatu proses bantuan kepada staf untuk mencapai tujuan organisasi. Hasil yang diharapkan dikaitkan dengan standar yang digunakan dalam pelayanan kesehatan akan bermakna apabila tujuan dapat dicapai dengan hasil yang baik. Hasil tersebut sangat tergantung pada kualitas kinerja yang ditampilkan oleh staf yang berada di lingkungan Puskesmas ABCD dan jajarannya. Oleh sebab itu salah satu bagian yang penting dalam proses manajemen adalah melakukan monitoring untuk mengetahui bagaimana Suatu puskesmas memberikan pelayanan klinis PENGERTIAN MONOTORING. Monitoring adalah suatu proses pengumpulan dan menganalisis informasi dari penerapan suatu program termasuk mengecek secara reguler untuk melihat apakah kegiatan/program itu berjalan sesuai rencana sehingga masalah yang dilihat /ditemui dapat diatasi(WHO) PENGERTIAN EVALUASI World Health Organization (WHO) merumuskan evaluasi sebagai suatu proses dari pengumpulan dan analisis informasi mengenai efektivitas dan dampak suatu program dalam tahap tertentu sebagai bagian atau keseluruhan dan juga mengkaji pencapaian program. Definisi lain dikemukakan oleh Swansburg (1996) yang menyatakan bahwa evaluasi kinerja adalah suatu proses pengendalian dimana kinerja pegawai dievaluasi berdasarkan standar. TUJUAN MONITORING DAN EVALUASI 1. Memperoleh informasi terutama tentang kegiatan apakah telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan memberikan umpan balik 2. Mempertanggung jawabkan tugas/kegiatan yang telah dilakukan 3. Sebagai bahan untuk mengambil keputusan dalam mengembangkan program/kegiatan dan tindak lanjut monitoring. 4. Menentukan kompetensi pekerjaan dan meningkatkan kinerja dengan menilai dan mendorong hubungan yang baik diantara pegawai . MANFAAT MONITORING EVALUASI 1. Mengidentifikasi masalah keperawatan/kebidanan. 2. Mengambil langkah korektif untuk perbaikan secepatnya. 3. Mengukur pencapaian sasaran/target. 4. Mengkaji kecenderungan status kesehatan pasen/masyarakat yang mendapat pelayanan. MONITORING DAN PELAPORAN KEGIATAN EVALUASI Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Skedul pelaksanaan kegiatan dilakukan sebagaimana dibawah ini. a. Waktu Pelaksanaan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan selama Januari s/d Desember b. Tempat Pelaksanaan.

Tempat pelaksanaan di Puskesmas ABCD c. Metodologi Pelaksanaan Kegiatan. Metodologi dalam pelaksanaan kegiatan untuk masing-masing pelayanan adalah melalui aplikasi langsung dilapangan dengan berinteraksi kepada pasien/masyarakat, transfer informasi antar personal di lintas unit pelayanan.

Monitoring pelayanan medis 1. Mewujudkan Sarana-prasana yang terpadu. 1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia Yang berkualitas 2. Mewujudkan Sistem Pengelolaan Yang Efektif dan Efisien 3. Mengutamakan Keselamatan Pasien dengan Layanan Prima 2. Pencapaian : 1.UGD menjadi pelayanan mandiri dan terpusat sebagai pelayanan UGD terpisah dari poli dan menjadikan pelayanan UGD lebih berfokus kepada pelayanan kegawat daruratan bagi pasien dengan standardisasi pengelolaan tsecara optimal selama 24 jam 2.. Pelayan pasien di rawat inap dan poli 3. Pelatihan komunikasi efektif bagi petugas medis untuk memberikan keramahan dan kemudahan transfer komunikasi dokter dan pasien dalam pelaksanaan pelayanan bersangkutan. 4. Pendidikan dan pelatihan bagi staff medis.. 5. Program pelayanan mutu keselamatan pasien dan pelayanan medis lainnya dilakukan dan diobservasi secara berkala yaitu: 1. 2. 3.

4. 5.

Pelayanan Non Bedah, terdiri dari: a. Angka Pasien dengan Dekubitus; b.Angka Kejadian Infeksi dengan jarum infus. Ibu Bersalin dan Bayi, terdiri dari a. Angka Kematian Ibu karena keterlambatan pelayanan kelahiran b. Angka Kematian Ibu karena Perdarahan . Mutu Pelayanan Medis a. Angka infeksi nosokomial b. Kematian ibu melahirkan ( Maternal Death Rate-MDR) c. Kematian bayi baru lahir (Infant Death Rate-IDR) Unit cost untuk rawat jalan a. Indikator mutu yang berkaitan dengan tingkat kepuasan pasien b.Jumlah keluhan dari pasien/keluarganya Mutu pelanan klinik masyarakat a. Pencegahan dan pengobatan penyakit menular b. penemuan dan penanganan kasus jiwa

View more...

Comments

Copyright © 2017 KUPDF Inc.
SUPPORT KUPDF