Download Gratis Materi JariMatika

January 15, 2017 | Author: Ā'i Sha | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

Download Download Gratis Materi JariMatika...

Description

J a r i M a t i ka Penyusun: Tim Kreatif Pranata Media Cover: Jogjacartoon Layout & Ilustrasi: Jogjacartoon Editor: Endro Wibowo. Spd. Cetakan: Pertama 2012 Alamat: Rakit Banjarnegara Telephon: Website: www.pranatamedia.blog.com E-Mail: [email protected]

Hak cipta dilindungi undang-undang dilarang menggandakan ke dalam bentuk apapun tanpa seijin penerbit Undang-undang no. 7 tahun 1978 tentang Perubahan atas Undang-undang Hak Cipta No. 6 tahun 1982 yang isinya: 1. Barang siapa yang dengan sengaja dan tanpa hak mengumumkan atau memperbanyak suatu ciptaan atau memberi izin untuk itu, dipidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan atau denda paling banyak Rp. 100.000.000,(seratus juta rupiah). 2. Barang siapa dengan sengaja menyerahkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), dipidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta Rupiah).

Kata Pengantar Segala pujian dan kesempurnaan hanya mili k Allah l yang telah memberikan segala kenikmatan di dunia ini dengan bentuk penciptaan yang sangat sempurna dan memiliki hikmah yang besar bagi seluruh makhluk-Nya, tak lupa shalawat dan salam kami haturkan kepada Rasulullah n , kepada keluarga, para shahabat dan orang-orang yang mengikuti beliau hinggi hari akhir. Adapun selanjutnya, tiada kata yang pantas kami ucapkan selain pujian bagi Allah l atas segala keadaan, baik dalam kondisi baik ataupun sebaliknya karena semua itu memiliki satu makna dan pelajaran berharga bagi orang-orang yang mau berpikir, terlebih lagi dalam kondisi kami yang sedang dituntut untuk berpartisipasi dalam mencerdaskan anak bangsa, Allah l memberikan kemudahan untuk menyelesaikan sebuah buku yang kami beri judul “JariMatika Menghitung Cepat Dengan Jari”. Buku semacam ini bukan sebuah produk baru dikalangan masyarakat Indonesia karena sebelumnya telah ada buku-buku serupa sebagaimana buku JariMatika dari pencipta konsep JariMatika yaitu Ibu Septi Peni Wulandani yang kemudian diikuti penerbit lain dengan bahasan yang sama. Semoga Allah memberikan pahala yang berlipat kepada pencipta medote JariMatika ini karena metode ini akan digunakan sepanjang jaman, adapun buku ini bukanlah untuk mencari keuntungan materi semata akan tetapi hanyalah sebagai penyempurna dari buku JariMatika yang sudah ada. Dalam buku ini kami menggunakan metode yang berbeda yaitu penyampaian yang mudah dipahami, simple, standar desain yang menarik, aplikatif dan mendidik. Harapan kami semoga segala upaya yang kami lakukan hanyalah mengharap pahala dari Allah l semata. Amiin... Penyusun

Mengenal JariMatika JariMatika adalah metode Aritmatika menggunakan jari-jari tangan untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang diperkenalkan per tama kali oleh Ibu Septi Peni Wulandani dari Yayasan Jarimarika Salatiga dan telah banyak digunakan peser ta didik diberbagai sekolah. Keunggulan dari metode JariMatika ini kita bisa menghitung lebih cepat tanpa menggunakan mesin hitung yang bisa digunakan setiap waktu dan tempat, t a n p a p e r l u r e p o t- r e p o t m e m b a w a a l a t , t i d a k ketinggalan jaman, tidak perlu membeli alat, dan segala resiko untuk memiliki alat hitung, karena Allah l d e n g a n ke m u r a h a n n y a t e l a h m e n c i p t a k a n s e g a l a sesuatu tanpa sia-sia dan sebagian dari makhluk ciptaan-Nya masih menjadi misteri untuk dipecahkan, salah satunya adalah rahasia organ tubuh kita yang memiliki fungsi ganda tanpa kita ketahui sebelumnya, sebagaimana jari tangan yang telah diciptakan Allah l sejak kita lahir ternyata memiliki fungsi yang sungguh ajaib untuk menemukan sebuah hitungan. Dengan belajar JariMatika kemampuan berpikir kita akan terasah agar lebih aktif untuk berpikir cepat, selain itu belajar JariMatika akan memberikan semangat untuk belajar Matematika karena belajar Matematika ternyata mudah. Kamu sudah siap untuk belajar? Baik, mari kita mulai...

Formasi Jarimatika Dalam Konsep Penambahan Coba kamu perhatikan gambar di bawah ini semua formasi jari tanganmu bisa melambangkan angka 1 sampai 9. lho, kenapa kok tidak sampai 10? Jawabanya karena angka 10 gabungan dari angka 1 dan 0 sehingga angka inti adalah 1 sampai 9. Hafalkan ya?...

Dalam pelajaran Jarimatika semua jari berfungsi untuk menghasilan penjumlahan. Agar memudahkan pemahaman fungsi jari dibagi 2 yaitu, jari-jari tangan kanan melambangkan nilai kurang dari 10 (1-9) sedangkan jari-jari tangan kiri melambangkan nilai lebih dari 10.

Formasi

Formasi

Tangan kanan

Ta n ga n ki r i

Ingat-ingat ya?... Kalau ibu jari ditutup atau tekuk nilainya kurang dari lima, tapi kalau dibuka nilainya lebih dari 5, demikian juga untuk melambangkan nilai puluhan. Selanjutnya kita coba membuat nilai bilangan lebih dari 10 dengan formasi jari-jari.

Membuat Lambang Bilangan Lebih Dari 10 Satu hal yang harus kamu ingat bahwa jari tangan kanan melambangkan nilai kurang dari 10 (1-9) dan jari tangan kiri melambangkan nilai lebih dari 10. Karena ingin membuat bilangan lebih dari 10 yang pertama kali digunakan adalah tangan kiri yang melambangkan nilai puluhan dan tangan kanan yang memiliki nilai satuan. Perhatikan contoh di bawah ini. Formasi tangan kiri melambangkan nilai 50 Formasi tangan k a n a n melambangkan nilai 3

Hasilnya

Pe r hatikan lagi Formasi tangan kiri melambangkan nilai 10

Hasilnya

Formasi tangan k a n a n melambangkan nilai 7

Te s I Q k a m u Berapa hasilnya?

Bagaimana formasi jarinya?

Sudah tahukan? yuk kita belajar berhitung...

Tahukah kamu apa yang disebut berhitung? Kamu sering menghitung tapi tidak tahu pengertian berhitung? ... Berhitung adalah menyebutkan suatu jumlah atau nilai dalam bentuk tunggal seperti 1, 2, 3, dst, atau setelah mengalami penjumlahan dalam bentuk penambahan, pengurangan, perkalian atau pembagian. Betul kan? Modelnya seperti ini:

Metode penambahan: D i kebu n a d a 2 e ko r ku p u - ku p u kemudian datang lagi seekor kupukupu sehingga jumlah kupu-kupu sekarang ada 3.

2 + 1 = 3 Metode pengurangan: Dari 3 ekor kupu-kupu tadi 2 ekor lagi pergi sehingga tinggal 1 ekor.

3 - 2 = 1 Metode perkalian: 3 keranjang berisi 10 buah jeruk sehingga total semua jeruk berjumlah 30 buah.

3 X 10 = 30 Metode pembagian: 1 5 bu a h j e ru k a ka n d i b ag i ka n kepada 3 orang sehingga masingm a s i n g o ra n g m e n d ap at 5 bu a h jeruk.

15 : 3 = 5

Formasi Jari Dalam Konsep Penambahan Metode penjumlahan dalam JariMatika dibagi 2 yaitu penjumlahan pasti dan teori, penjumlahan pasti adalah penjumlahan dengan hasil kurang dari 4 menggunakan 1 tangan dan mudah diketahui hasilnya dengan pasti, sedangkan penjumlahan teori mencari hasil penjumlahan lebih dari 4 karena j u m l a h j a r i ya n g d i g u n a ka n t e r b at a s s e h i n gga membutuhkan teori yang harus dihafal, perhatikan contoh di bawah ini:

Penjumlahan

Formasi jari

1 + 1 = 2 Buat formasi bilangan 1 kemudian buka jari tengah atau tambah 1 jari lagi, hasilnya 2 jari. ini namanya penjumlahan pasti.

3 + 4 = 7

Sekarang perhatikan soal di samping, bagaimana cara menghitungnya sementara jari yang dibutuhkan lebih dari 4? Ini yang disebut penjumlahan teori karena untuk mencari Formasi bilangan 3 dan 4 h a s i l n y a m e m b u t u h k a n semuanya menggunakan tangan kanan. teori yang haru s dihafal.

?

Mencari hasil penjumlahan lebih dari 10 lebih mudah karena bisa menggunakan 2 tangan sebagaimana contoh sebelumnya m e n gga b u n g ka n p u l u h a n dengan satuan, perhatikan lagi contoh di samping.

10 + 4 = 14

Pe n a m b a h a n D i b ab i n i ki t a a ka n m e m p e l a j a r i ko n s ep penambahan dalam JariMatika yang akan dibagi 3 kelompok yaitu: 1. Penambahan kurang dari 5. Mencari jumlah dalam penambahan satuan ku ra n g d a r i 5 d e n ga n h a s i l ku ra n g d a r i 1 0 menggunakan 1 tangan. 2. Penambahan kurang dari 10. Mencari jumlah dalam penambahan satuan kurang dari 5 atau lebih dengan hasil kurang dari 10 menggunakan 1 tangan. 3. Penambahan lebih dari 10. Mencari jumlah dalam penambahan satuan lebih dari 10 menggunakan 2 tangan. D a l a m i l mu m e n g h i t u n g J a r i M at i ka s e t i ap ke l o m p o k m e m i l i ki c a ra ya n g b e r b e d a - b e d a sehingga sistematikan pembahasan perlu dibahas satu persatu. C o n t o h : 5 + 1 h a s i l n y a 6 . T a p i bagaimana jika dibalik, 1+5. Demikian juga untuk mencari hasil penambahan lebih dari 5 membutuhkan sebuah teori yang harus benar-benar dipahami. Karena matematika adalah teori m e n g h i t u n g d e n g a n b e r b a g a i ko n d i s i s e p e r t i menghitung luas sebuah benda dalam posisi berdiri t e g a k , t a p i j i ka d i m i r i n g ka n a t a u d i r e b a h ka n b aga i m a n a c a ra m e n g h i t u n g n ya ? i n i l a h f u n g s i matematika dalam mencari jumlah dengan berbagai cara walaupun hasilnya sama. Untuk memahami setiap pembahasan disertai soal-soal latihan secara tematik. Selanjutnya kita akan belajar metode penambahan menggunakan satuan kurang dari 5.

Penjumlahan Pengurangan Perkalian Pembagian

Jarimatika merupakan cara baru metode aritmatika untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian menggunakan jari dengan hasil lebih cepat, akurat, dan aman karena kamu memiliki mesin hitung yang tidak akan pernah ketinggalan di mana saja kamu pergi. Disusun secara sistematis, aplikatif serta mudah dipelajari siapa saja baik anak-anak dan orang dewasa untuk menstimulasi otak lebih aktif dalam menyelesaikan hitungan dengan cepat. Dilengkapi metode smart dan bentuk-bentuk latihan yang menarik sehingga siapapun akan senang belajar karena menemukan metode baru yang tidak bisa Anda dapatkan dibuku yang lain.

00012040002

View more...

Comments

Copyright © 2017 KUPDF Inc.
SUPPORT KUPDF