Sop Meso

August 5, 2022 | Author: Anonymous | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

Download Sop Meso...

Description

 

  MONITORING EFEK SAMPING OBAT (MESO)   RSPAD GATOT SOEBROTO DITKESAD

SPO ( STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL )

No. Dokumen  

No. Revisi  

Halaman 1 dari 2

Ditetapkan, Kepala RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad Tanggal terbit   dr. Komaruddin Boenjamin, Sp.U Brigadir Jenderal TNI

1. Obat Obat iala ialah h suat suatu u baha bahan n atau atau padu paduan an baha bahann-ba baha han n ya yang ng

PENGERTIAN

dimaksud dimaks udka kan n untuk untuk digu digunak nakan an dalam dalam menet menetapk apkan an diagn diagnos osis, is, mence men cegah gah,, mengu mengura rangk ngkan, an, mengh menghila ilang ngkan kan,, menye menyembu mbuhk hkan an penyakit atau gejala penyakit, luka atau kelainan badaniah dan rohaniah pada manusia atau hewan dan untuk memperelok atau memperindah badan atau bagian badan manusia termasuk obat tradisional. 2. MESO MESO adalah adalah upaya, upaya, pekerja pekerjaan an dan kegiatan kegiatan memonito memonitorr tiap respon terhadap obat yang merugikan atau tidak diharapkan, diharapkan, yang terjadi terj adi pada dosis dosis lazim/normal  yang digunakan pada manusia untuk tujuan profilaksis, diagnosis dan terapi.

TUJUAN

1. 2. 3.

Seba Sebagai gai pedo pedoman man MESO MESO diru diruma mah h sakit sakit.. Sebagai Sebagai bahan bahan evalua evaluasi si pengg penggunaa unaan n obat obat di rumah rumah saki sakit. t. Sebagai Sebagai masukan masukan untuk untuk pembua pembuatan tan formu formulari larium um rumah rumah saki sakit. t.

1. Se Seti tiap ap Ef Efek ek Sa Samp mpin ing g Obat Obat yang ang terj terjadi adi he hend ndak akn nya di dicat catat at da dan n

KEBIJAKAN

dilaporkan 2. Tat ata a

cara ara

pela pelapo porran ESO ESO

dikeluarkan oleh BPOM RI

berp be rped edom oman an pada ada

edar edaran an yang ang

 

  MONITORING EFEK SAMPING OBAT (MESO)

RSPAD GATOT SOEBROTO DITKESAD

PROSEDUR

No. Dokumen  

No. Revisi  

Halaman 2 dari 2

1. Instala Instalasi si Farmasi Farmasi membagika membagikan n formulir formulir MESO kepada kepada semua penanggungjawan ruang perawatan. 2. Instal talasi Far arma mas si men menjela jelas skan pros ose edur dan tata ata cara pengisian blanko MESO yang telah dibagikan (bisa dalam bentuk dikumpulkan sekelompok personel dalam satu ruang pertemuan atau secara parsiil saat blanko dibagikan) 3. Pada ada saat saat ter teriden identi tifi fika kasi si adany danya a duga dugaan an keja kejadi dian an Ef Efek ek Samping Obat (ESO), maka Dokter atau Apoteker atau Perawat mencatatt ESO di formulir Monitoring Efek Samping Obat Nasional mencata berwarna kuning yang tersedia di Nurse station di masing-m masing-masing asing ruan ruang g peraw perawata atan. n. Penc Pencata atata tan n dilak dilakuka ukan n selen selengka gkap p mungki mungkin n sesuai dengan kolom yang ada di formulir MESO tersebut. 4. Formu Formulir lir MESO yang yang suda sudah h terisi terisi lengkap lengkap dilapo dilapork rkan an ke Sub Sub Komite Farmasi dan Terapi (SKFT) atau Instalasi Farmasi 5. Insta Instala lasi si Fa Farma rmasi si akan akan membua membuatt salin salinann annya ya formu formulir lir MESO yang sudah lengkap 6. SKFT SKFT/I /Ins nsta tala lasi si Farm Farmas asii mela melapo pork rkan an hasi hasill moni monito tori ring ng ESO ESO (formulir asli) ke Pusat Monitoring EFek Samping Produk Terapetik (MESP (ME SPT) T) – Bada Badan n Peng Pengaw awasa asan n Obat Obat dan dan Makan Makanan an setela setelah h membuat salinan 7. Kasu Kasub b Instal Instal Jang Jang Infi Infi mend mendok okume umenta ntasik sikan an salin salinan an formu formulir  lir  MESO dengan baik 8. Secara Secara periodik periodik dilakuk dilakukan an evaluasi evaluasi atau pengka pengkajian jian terhadap terhadap hasil monitoring ESO ini.

UNIT TERKAIT

1. Komit omite e Medi Medik k 2. Dirbinyanmed 3. Kain Kainst stal al Farm Farmas asii 4. Polikli Poliklinik nik dan Ruang Ruang Perawa Perawatan tan 5. DPJP

View more...

Comments

Copyright ©2017 KUPDF Inc.