Kanker Makalah

September 22, 2022 | Author: Anonymous | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

Download Kanker Makalah...

Description

 

BAB II TINJAUN PUSTAKA

II.1

Kanker

Kanker adalah suatu penyakit yang ditimbulkan oleh sel tunggal yang tumbuh tidak  normal dan tidak terkendali sehingga dapat menjadi tumor ganas yang dapat menghancurkan dan merusak sel atau jaringan sehat. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat dita ditaku kuti ti oleh oleh bany banyak ak or oran ang g se sehi hing ngga ga ada ada baik baikny nyaa ki kita ta menc menceg egah ah ka kank nker er da dari ripa pada da mengobatinya. (4) Kankerr akan tumbuh Kanke tumbuh dan berkemb berkembang ang dengan dengan subur apabila apabila mendapatka mendapatkan n asupan asupan zat-zat yang didapat didapat dari makanan atau kegiatan kegiatan seperti berikut ini : Te Terlalu rlalu banyak banyak minum kopi, coklat dan teh yang memiliki kandungan kaein tinggi. !inuman berkadar kaein tinggi tersebut dapat diganti dengan minum teh hijau yang memerangi kanker atau minum air putih " air mineral saja. #ang manis-manis seperti gula dan pemanis buatan disukai oleh kanker serta dapat merusak kesehatan bila dikonsumsi tidak sesuai dengan batasan. $ebaiknya dalam kehidupan sehari-hari tidak usah banyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula. %ula dapat diganti dengan madu murni atau molases.  (4) &indari menggunakan garam meja untuk makanan dan minuman kita dan sebaiknya gunakan saja garam laut dan pastikan juga garam laut yang kita pakai mengandung yodium serta bersih dan higienis memiliki kualitas yang baik. %ejala Kanker yang harus anda ketahui dan segera lakukan pencegahan sebelum menjadi stadium kronis dan terlambat untuk diobati. 'ika anda telah mengetahui gejalanya tidak menutup kemungkinan kanker tersebut dapat disembuhkan. %ejala Kanker memang tidak semuanya dapat terlihat dan dirasakan secara nyata, hal inilah yang membuat penyakit ini terkadang baru diketahui setelah masa kronis.

 

$ungguh sedih memang jika penyakit kanker ini baru diketahui saat sudah kronis karena  pengobatan dan penyembuhannya penyembuhannya sangat sulit. (4) II.2 Gejala penyakit kanker secara umum umum

%ejala kanker kanker secara umum: %ejala umum yang yang terjadi sebagai pertanda pertanda aal akan terserang kanker memang tergantung bagian yang terserang. amun ada beberapa gejala umum yang yang terjadi jika akan terserang kanker kanker.. *erubahan *erubahan pada saat buang air besar  dan polanya, penurunan berat badan secara cepat dan drastis akibat kekurangan protein,  benjolan aneh yang muncul pada pada bagian tubuh,luka yang yang tidak kunjung sembuh. (4,+) %ejala %ej alah h kangke kangkerr secara secara spesii spesiik: k: %ejala %ejala Kanker Kanker memang memang harus harus diketa diketahui hui secara secara spesiik mengenai jenis kanker yang dialami. Kanker yang satu dengan kanker yang lainnya tent tentu u

ak akan an memil emilik ikii kar arak akte teri rist stik ik dan geja gejala la yan ang g

ber erb bed eda. a. %eja %ejala la ka kan nke kerr

dan

 penyebabnya : Kanker tak : asa sakit kepala terus menerus pada pagi hari, dan agak   berkurang pada tengah hari, epilepsi, badan lemah, mati rasa pada lengan dan kaki, kesulitan kes ulitan  berjalan, sering mengantuk, perubahan tidak normal pada penglihatan, perubahan pada kepribadian, perubahan pada ingatan, dan terasa sulit untuk berbicara. Kanker !ulut : $ering mengalami sariaan pada mulut, lidah dan gusi yang tidak kunjung sembuh sampai jangka aktu yang cukup lama. Kanker Tenggorokan : atuk terus menerus, suara serak dan parau.  Kanker Kanker *aru-* *aru-*aru aru : atuk atuk terus terus meneru menerus, s, sering sering keluar keluar dahak dahak bercamp bercampur ur darah, darah, sering sering mengalami sakit pada daerah dada.  (4,+)  Kanker *ayudara : /danya benjolan diseputar payudara, mengalami penebalan kulit  payudara, perubahan bentuk, sering terasa gatal, sering berarna kemerahan, dan rasa r asa sakit yan ang g

tida tidak k

ada ada

hubu hubung ngan anny nyaa

deng dengan an meny menyus usui ui at atau au mens menstr trua uasi si.. Kank Kanker er $a $alu lura ran n

*encernaan : /danya darah dalam kotoran yang ditandai arna merah terang atau hitam, asa tidak enak terus menerus menerus disekitar disekitar ilayah perut, adanya adanya benjolan benjolan pada daerah perut,

 

rasa sakit setelah makan, dan adanya penurunan berat badan. Kanker ahim : Terjadinya  pendarahan pada periode datang bulan, keluar darah saat menstruasi yang tidak seperti  biasanya dan adanya rasa sakit yang terasa luar biasa. (4,+)  Kanker Kolon : /danya pendarahan pada rectum, ada darah pada kotoran, adanya  perubahan buang air besar (diare yang terus menerus atau mungkin sulit untuk buang air   besar). Kanker Kandung Kemih : Keluar darah pada saat buang air seni, rasa sakit atau perih  pada saat saa t buang air kecil, keseringan atau kesulitan untuk buang air kecil, dan terasa teras a begitu sakit pada daerah kandung kandung kemih. Kanker Kanker *rostat : Kencing Kencing tidak lancar, rasa sakit yang terus menerus pada daerah pinggang bagian belakang, daerah penis dan paha bagian atas .(4,+)  Kanker Kanker uah uah 0akar 0akar (T (Teestis) stis) : /dany /danyaa benjola benjolan n asing asing pada pada buah buah zakar, zakar, ukuran ukuran  penampungan buah zakar yang membesar dan menebal secara mendadak, sakit pada perut  bagian baah, dada membesar atau menjadi lembek. 1imoma, erasal dari jaringan yang membentuk darah, misalnya jaringan lime, lacteal, lima, berbagai kelenjar lime, timus, dan sumsum sumsu m tulang. 'enis kanker kanker 1imoma yang lebih spesiik spesiik adalah penyakit penyakit &odgkin yaitu Kanker Kelenjar 1ime dan 1ima.  (4,+)  Kanker  Kank er 1eukemia (2arah) : !uka sering pucat, kelelahan kronis, penurun penurunan an berat  badan, mudah terkena ineksi, mudah terluka, rasa sakit pada tulang dan persendian, dan sering mengalami mimisan. Kanker Kulit : adanya benjolan pada kulit yang menyerupai kutil (mengeras seperti tanduk), sering mengalami ineksi yang tidak kunjung sembuh, adanya  bintik-bintik yang berubah arna dan ukuran, timbul rasa sakit pada daerah tertentu,  perubahan arna kulit bercak-bercak. (4,+)

II.3 Kemterapi

 

Kanker adalah suatu penyakit sel dengan ciri gangguan atau kegagalan mekanisme  pengatur multiplikasi dan ungsi homeostasis lainnya pada organisme multiseluler. bat kanker kan ker merupa merupakan kan obat obat spesial spesialisti istik. k. atas atas keaman keamanann annya ya begitu begitu sempit sempit sehing sehingga ga hanya hanya dibena dib enarka rkan n penggu penggunaa naanny nnyaa oleh oleh dokter dokter yang yang berpen berpengala galaman man di bidang bidang pengob pengobata atan n ini. ini. *enggu *en ggunaa naan n yang yang kurang kurang cermat cermat hanya hanya akan akan menamb menambah ah pender penderitaa itaan, n, bersia bersiatt atal atal dan  pemborosan biaya. Tergantung Tergantung dari keadaan pasien dan jenis kanker, pengobatan ber3ariasi dari yang sangat intensi sampai tanpa pengobatan khusus kecuali yang bersiat suporti.

()

bat anti kanker adalah obat yang menghabat pertumbuhan sel, selain kemoterapi sitostatika, obat 5obat lain anti kanker adalah obat-obat target, obat-obat hormon, terapi  biologis dan kelompok obat obat lainnya. (6) 

7mumnya 7mum nya obat anti kanker bekerja bekerja untuk menghancurk menghancurkan an sel-sel kanker, namun seluruh selu ruh obat obat kemote kemoterap rapii sitostat sitostatika ika selain selain membun membunuh uh sel kanker kanker yang yang memilik memilikii tingka tingkatt  prolierasi tinggi, juga berpengaruh terhadap sel-sel normal yang juga memiliki tingkat  prolierasi sel yang tinggi dalam tubuh pasien, sepertisel hematopoiesis, sel rambut, sel mukosa saluran cerna, sel sperma dan lain-lain. (8)

2isamping 2isamp ing itu obat anti kanker kanker tertentu tertentu dapat menimbulkan menimbulkan eek toksik terhadap sel organ lain yang tidak memiliki tingkat prolierasi sel yang tinggi seperti ginjal, jantung, hati dan lainnya dalam tubuh pasien, dengan tingkat toksisitas dari yang ringan sampai berat.

bat anti kanker tertentu baik kemoterapi sitostatika ataupun obat-obat target dapat  juga menimbulkan reaksi hipersensitiitas yang dapat berakibat atal. Karena hal-hal diatas disamping bertujuan menghancurkan sel kanker, obat anti kanker dapat berdampak buruk  terhadap sel organ lainnya dalam dala m tubuh pasien yang mendapat obat anti kanker.(+, )

 

1imoma on &odgkin (1& ) merupakan kanker yang termasuk kelompok dimana kemote kem oterapi rapi sit sitosta ostatik tikaa merupa merupakan kan pengob pengobatan atan primer primer untuk untuk kanker kanker tersebu tersebut. t. *ada *ada 1&  penentu sub-jenis histologi ( sel  atau sel T )harus dilakukan untuk pemilihan pe milihan terapi. *ada 1& dengan dengan histol histologi ogi kegana keganasan san derajat derajat rendah rendah kemote kemoterap rapii yang yang diberik diberikan an biasany biasanyaa ke kemo mote terap rapii tu tung ngga gall atau atau ko komb mbin inasi asi yang ring ringan an misal misalny nyaa 9* 9* ( 9yclo 9ycloph phos ospa pami mide, de, 3incristine dan predniso . *ada kelompok histologi agresi kemoterapi yang diberikan 9&* ( 9yclop 9yclophos hospam pamide ide,, 2o;oru 2o;orubic bicin, in, incris incristin tin dan *redni *rednison son ). *ada *ada 1& sel  kep kepada ada rejim rejimen enny nyaa da dapa pa ditam ditambah bahka kan n targ target et terap terapii pa pada da kemot kemoter erap apii 9&* 9&* ya yaitu itu itu itu;i ;ima mab b khususnya pada pasien yang prognostiknya buruk atau )

$tadium kanker berbeda beda untuk setiap kanker. *ada kanker tumor solid yang digu diguna naka kan n T! T! st stag agin ing g da dan n pa pada da 1& 1& digu diguna naka kan n stad stadiu ium m pe peny nyak akit it menu menuru rutt ?/nn ?/nn-/[email protected] /rb [email protected],y ,yakn aknii stadiu stadium m , 2EL 2EL5 5 (2rou (2rou!e !e d?Etud d?Etudee des Lm!" Lm!"ome omess d?5dulte),, menunjukkan baha &itu%imab d?5dulte) baha &itu%imab !lus CH#$ (&-CH#$) (&-CH#$) secara  secara bermakna lebih baik  dari CH#$  saja,  saja, dilihat dari angka respon lengkap, periode bebas penyakit dan serta angka harapan hidup keseluruhan, tanpa meningkatkan toksisitas secara signiikan. &asilnya adalah sebagai berikut : /ngka harapan hidup pada tiga tahun : 6G (-9&*) 3s +8G (9&*), *eriode  bebas penyakit pada tiga tahun : +DG (-9&* 3s D+G (9&*). espon lengkap: =G (9&*) 3s DG (9&*). *asien yang mengalami respon lengkap memiliki peluang lebih  baik untuk sembuh. (D) &asil ini menunjukkan perbaikan angka harapan hidup yang pertama kali untuk  semua regimen yang dibandingkan dengan 9&* selama lebih dari 6F tahun, menunjukkan itu;imab plus 9&* dapat menjadi Jstandar emas pengobatan yang baru untuk limoma agresi $ampai sekarang lebih dari DFF.FFF DFF.FFF pasien telah diobati dengan itu;im itu;imab ab diseluruh dunia. (8D) 

0. 0ara Pem"erian 4itu5ima"

 

itu;imab diberikan secara inus kali inus) oleh dokter spesialis ahli kanker darah (hematologi). 2iberikan pramedikasi sebelum diberikan ritu;imab untuk antisipasi eek samping. (88) 2iberikan inus lambat lebih kurang 4 jam pada siklus 8 dan 6 jam pada siklus berikutnya jika tidak terjadi reaksi alergi pada pasiennya. Kecepatan Kecepat an inus pertama pertama adalah +Fmg"ml +Fmg"ml setiap jam dan dinaikan +Fmg"ml +Fmg"ml setiap DF menit  jika tidak terjadi reaksi maksimal kecepatan inus 4FFmg"ml setiap jam, jika terjadi reaksi tubuh yang berlebihan maka pemberian ritu;imab bias dihentikan sementara dan ditangani eek sampingnya sampingnya seperti seperti lue likes syndrome syndrome dengan memberikan memberikan obat anti alergi dan dapat dilanjutkan pemberian ritu;imabnya kembali dengan kecepatan inus setengah dari kecepatan terjadinya terjadi nya eek samping. samping. *emberian ritu;imab sebelum diberikan diberikan kemoteapi (9&) dan *rednison diberikan setelah pramedikasi dan sebelum ritu;imab diberikan.

(88)

9ara pemberian yang simple adalah : itu;imab diberikan dengan dosis D=+ mg"m 6 inus
View more...

Comments

Copyright ©2017 KUPDF Inc.
SUPPORT KUPDF